Pengen cari info2 baru tentang dunia Game?? Silahkan Tanya aja sama Mbah google di bawah ini:
Custom Search

Rabu, 06 Mei 2009

Kenapa yang bajak musik malah beli yang asli, sedangkan label musik gagal

• Pernah dilakukan penelitian bahwa yang suka copyan sebenarnya membeli CD asli

Beberapa waktu lalu pernah ada peneltian yang mengatakan mayoritas penyanyi dan seniman menjual lebih banyak lagu mereka karena musik mereka dibajak melalui jaringan P2P. Pada akhirnya si pembajak atau si tukang copy menjadi suka dan membeli CD asli. Bahkan mereka yang membajak malah membeli 10 kali lebih banyak CD asli dibandingkan orang yang membeli CD asli.
Apa alasannya si pembajak (mungkin kita sendiri ) membeli CD asli. Pastinya mereka yang membajak memiliki ketertarikan atas musik lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak membajak. Hal ini menjadi kontroversi, antara si pembajak yang juga membeli CD asli lebih banyak, sementara orang yang tidak membajak sebenarnya tidak terlalu tertarik dengan musik dan membeli CD asli lebih sedikit dibandingkan tukang bajak.

Alasannya mudah, mereka yang gila musik ingin musik contoh sebelum membeli dan mendengarkan apakah mereka tertarik atau tidak, mereka yang meng-copy berusaha mencari musik lebih banyak lagi. Dimana mendapatkan musik secara gratis sebelum membeli, tentunya pada komunitas jaringan P2P seperti Bitorrent. Kumpulan orang yang membajak lagu sebenarnya adalah sekumpulan orang yang benar benar gila musik dan lebih mencintai lagu dibandingkan orang lain.

Sayang sekali perkumpulan seperti ini harus ditekan oleh keserakahan perusahan label. Sementara seniman hanya menerima 10% dari pendapatan penjualan CD, bagian terbesar dari pendapatan malah dikantongi oleh pemilik label. Anehnya dengan alasan hak cipta , dan berdiri dibelakang para seniman yang katanya lagu mereka dibajak tanpa dibayar royaltinya. Bahkam berani membayar pengara yang mahal untuk meng-goalkan rencana mereka.
Kita hanya mengingatkan bahwa pengemar musik memang membajak tetapi juga membeli lebih banyak CD original. Label boleh saja memerangi pembajakan, dengan dasar dapat mengurangi pendapatan mereka. Tetapi para produsen label musik harus sadar bahwa itu adalah tanda bahwa mereka melakukan pencarian yang salah. Bukan mereka yang berada di jalur P2P seperti Bitorrent yang seharusnya dikejar. TR


by http://obengware.com

1 komentar:

  1. musisinya masih banyak yang bajak punya oang
    pertamaxxxxx
    heryanto-h2o.blogspot.com

    BalasHapus

Belum punya akun paypal?? klik aja banner di bawah ini, caranya gampang ko!!

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.