Pengen cari info2 baru tentang dunia Game?? Silahkan Tanya aja sama Mbah google di bawah ini:
Custom Search

Senin, 20 Juli 2009

Konsol-konsol gagal produksi (Part2)

PROJECT X Ciptaan : VM Labs
Rencana keluar : 1998



Harapan: Dari namanya sudah terpancar aura kerahasiaan dari proyek pembuatan konsol ini, dan konsol ini memang dirahasiakan selama bertahun-tahun. Tapi meski proyek ini berlangsung diam-diam, tetap saja beritanya bocor. Konsol ini adalah kreasi dari para veteran Atari. Informasi mengenai konsol ini sangat minim, dan bahkan digosipkan merupakan konsol bohongan.


Hampir engga ada informasi yang keluar hingga Januari 1998, ketika secuil informasi diumumkan oleh VM Labs. Project X akan menjadi menjadi konsol yang mudah dan murah untuk dikembangkan, konsol ini menarik perhatian dari para pengembang pihak ketiga, dan direncanakan akan dimanufaktur oleh beberapa perusahaan berbeda dan akan keluar di tahun 1998 dengan enam game.

Kenyataan : Engga lama setelah pengumuman VM Labs mengenai rencana konsol ini, muncul pengumuman bahwa proyek mereka ternyata bukanlah sebuah konsol, melainkan sebuah chip dengan anma Nuon. Chip ini dapat membuat DVD player khusus agar dapat memainkan game dan melakukan beberapa fitur lain seperti Zoom pada ketika nonton film. Beberapa nama besar seperti Capcom dan Activision menyukai hal ini dan tertarik pada proyek mereka.




Alasan gagal : Sebenarnya Project X muncul dipasar, tapi engga sebagai sebuah konso;, dan untuk waktu yang sangat singkat. Rencana bisnis mereka sebenarnya bagus, membuat sebuah chip dan membiarkan perusahaan lain yang memanufaktur dan mendistribusinya. Tapi saying sekali player dengan chip Nuon pertama kali muncul di tahun 2000, dan menjadikannya pesaing langsung PlayStation 2. Jadi gamers tanpa berpikir panjang, lebih membeli konsol dengan kemampuan hebat, daripada DVD player yang memiliki ‘fitur’ tambahan.


INDREMA L600
Ciptaan: Indrema
Rencana keluar: 2001



Harapan : Menjadikannya sebagai konsol open-source pertama. L600 adalah konsol yang mengambil basis Linux. Kita dapat membuat game secara mandiri pada konsol ini, sehingga siapa saja yang memiliki kemampuan pemrograman dapat menjadi seorang developer game. Jadi ini membuka gerbang kepada game-game berkualitas dengan harga murah. Indrema berfungsi ganda sebagai DVD player, perekam video digital, dan MP3 player. Semua fitur ini terbilang cukup hebat loh di tahun 2001.

Kenyataan : Momen paling puncak Indrema terhjadi ketika majalah Next Gen memuat sebuah artikel sebanyak 8 halaman pada isunya di bulan April 2001. Disitu para pembaca diberitahukan mengenai L600 dan game-game yang bakal tersedia. Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa Indrema lebih dipasarkan kepada kalangan programmer dari pada gamers biasa. Para pengemabngnya nampak menyangka bahwa konsol ini dapat bersaing secara langsung dengan Ps2 dan Xbox, cuma karena konsol mereka lebih gampang untuk membuat game.



Alasan gagal : Indrema tidak pernah memiliki kesempatan untuk mengenalkan produknya kepada konsumen. Begitu atikelnya dimuat di Next Gen, perusahaan ini langsung runtuh. Setelah setahun, mereka gagal memberikan Indrema ke pasar. Akhirnya mereka belajar dengan kesalahan mereka bahwa membuat sebuah konsol game adalah bisnis yang sangat menyedot uang. Ketika Indrema tutup, dikabarkan mereka telah rugi sebesar US$10 juta .

Bersambung.....


thanks for www.jagogame.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belum punya akun paypal?? klik aja banner di bawah ini, caranya gampang ko!!

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.